PENDAHULUAN

Komponen penting dalam proses pendidikan ners yang harus mengalami penataan secara terstandarisasi adalah kurikulum. Merujuk Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional   Pendidikan Tinggi   (SNPT) serta Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) bersama dengan organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan para stakeholder keperawatan lainnya telah mengkaji, menganalisa, merancang dan menyempurnakan kurikulum pendidikan Ners di Indonesia sejalan dengan kurikulum di negara ASEAN lainnya sehingga pendidikan Ners di Indonesia dapat bersaing dengan pendidikan sejenis di dalam komunitas ASEAN.

Sebagai penyempurnaan terhadap Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Pendidikan Ners tahun 2010, tim Kurikulum AIPNI bersama organisasi profesi mengadakan sosialisasi guna memperbaharui Kurikulum Ners yang saat ini. Selain itu juga dalam kegiatan ini di tutup denga acara Buka Bersama sebagai salah satu bentuk syukur atas datangnya kembalinya bulan Ramadhan tahun ini juga menyambung silaturahmi antar sesame institusi Regional VII jawa Tengah.

Dasar Pemikiran

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan program kerja Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Tujuan Pelatihan

Beberapa hal tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah :

  1. Sebagai sosialisasi untuk memperbaharui kurikulun Ners.
  2. Menyambung silahturahmi sesama Institusi dalam bentuk Buka Bersama.
  3. Mengakrabkan dan meningkatkan kerjasama.
  4. Membangun hubungan baru danmemperluas jaringan.

Metode

  1. Workshop
  2. Diskusi

Waktu dan Tempat

Waktu             : Sabtu,  27 Mei 2019

Tempat           : Auditorium Moh. Dzajman

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Narasumber

    1. Dr. Fitri, M.Kes
    2. Dr. Irna Nursanti, M.Kes.,Sp.Kep.Mat

End (wnhy)