DISKRIPSI S1 KEPERAWATAN

Pendidikan Sarjana Keperawatan FIK UMS merupakan pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana keperawatan yang professional. Pengmbangan kurikulum pendidian sarjana keperawatan FIK UMS pada tahap akademik telah disesuaikan dengan Kurikulum Pendidikan Ners Implementasi Kurikulum KBK yang dikeluarkan oleh AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) tahun2010.

Profil Lulusan Sarjana Keperawatan adalah :

  1. Comunity Leader (pemimpin dalam kegiatan komunitas profesi maupun sosial)
  2. Educator (pendidik kesehatan bagi klien dan keluarga)
  3. Manager (Pengelola asuhan Keperawatan)
  4. Reseacher (Peneliti pemula)

DISKRIPSI PROGRAM PROFESI NERS

Program Profesi Ners merupakan lanjutan tahap akademik pada pendidikan sarjana keperawatan. Artinya, tahap ini dilaksanakan setelah menyelesaikan program sarjana keperawatan dengan beban studi 36 SKS (mengacu pada
PERMENDIKBUD RI Nomor 49 Tahun 2014 tentang SNPT Pasal 17 ayat 2 poin e dan Kurikulum AIPNI pada target pencapaian level 7). Program Profesi Ners merupakan tahapan proses adaptasi profesi untuk dapat menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam melakukan asuhan keperawatan profesional, memberikan pendidikan kesehatan menjalankan fungsi advokasi pada klien, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan keperawatan.  Profesi menjadi syarat untuk menjadi perawat profesional, sehingga Program Profesi Ners menjadi wajib bagi mahasiswa reguler yang telah selesai menempuh pendidikan sarjana keperawatan, intitusi pendidikan sebagai penyelenggara pendidikan bertanggungjawab terhadap lulusan untuk memfasilitasi dan meluluskan sampai dengan pendidikan Profesi Ners.