Rencana Strategis

admin | Senin, 28 Oktober 2013 - 14:05:32 WIB | dibaca: 4774 pembaca

 

Rencana Strategis Program Studi  Keperawatan FIK UMS di mengacu pada visi dan misi programn studi yaitu Visi Menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan IPTEKS di bidang keperawatan yang Islami. Sedangkan Misi Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang keperawatan yang Islami menuju terwujudnya manusia seutuhnya. Mengembangkan sumberdaya manusia yang profesional di bidang keperawatan berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman. 
Sesuai dengan visi dan misi tersebut maka arah rencana strategis pada tahap II atau tahun kedua ini adalah (2011/2012) adalah 1) Pengmbangan suasana akademik yang kondusif yang ditandai dengan terjadinya interaksi yang optimal antara dosen dan mahasiswa baik didalam maupun diluar rung kuliah dan laboratorium, kedisiplinan para sivitas akademika dalam mengikuti prosedur baku untuk operasi (SOP) yang telah ditetapkan, 2) Peningkatan efisiensi dan produktifitas program studi yang ditandai dengan pendelegasian program akademik yang tepat waktu, masa studi yang sesuai dengan massa kurukulum, minimalisasi angka drop out, peningkatan kualitas mahasiswa baru..
Disamping itu optimalisasi pemanfaatan sumberdaya (cost conciousness) baik menyangkut sumberdaya manusia (FTE staff, rasio dosen mahasiswa), sumberdaya fisik(tingkat utilisasi ruangan dan peralatan),maupun sumber daya uang (penekanan unit cost, penganggaran kinerja), 3 ) perluasan kesempatan akses terhadap pendidikan bagi mahsiswa/calon mahasiswa yang meliliki potensi akademis tetapi terkendala ekonomi.